Rabu, 06 Mei 2015

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Umum

Sebagai langkah awal dari tahapan mencari pekerjaan di suatu perusahaan yang memang menyediakan lowongan pekerjaan, biasanya kita memulai hal tersebut dengan membuat Surat Lamaran Kerja Umum.Dimisalkan kita akan melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang industri, Bank, CPNS, bahkan untuk menjadi seorang perawat pun pastinya sangat memerlukan suatu CV atau surat lamaran kerja untuk melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Memang benar, untuk membuat surat lamaran kerja tidak sesulit yang kita bayangkan, namun untuk membuat surat tersebut akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusun beberapa rangkaian kalimat sehingga membentuk satu Surat Lamaran Kerja Umum yang baik dan benar. Bukan hanya itu, surat lamaran kerja yang Anda buat juga harus memiliki kesan baik terhadap diri Anda, agar hal tersebut dapat membuka peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda impikan.

Pastinya suatu kesan pertama yang baik yang berada di dalam surat lamaran kerja akan sangat menentukan langkah Anda selanjutnya dalam menempuh perjalanan karir Anda. Mungkin Anda bisa membayangkan, jika surat lamaran kerja yang Anda buat sangatlah buruk, bahkan kalimat yang digunakan sangatlah tidak rapi, sangat bertele-tele dan juga sangat tidak menarik, dan saya kira pihak HRD dari perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja yang Anda kirimkan tanpa harus membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran kerja yang Anda kirimkan tersebut. Dan berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan Surat Lamaran Kerja Umum agar surat lamaran Anda bisa menarik perhatian pihak perusahaan.

1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Dalam pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar, maka Anda harus menyusun beberapa kalimat yang baik dalam surat lamaran yang Anda buat. Dan jangan pernah Anda menggunakan bahasa-bahasa yang gaul atau tidak formal yang pastinya tidak pantas untuk Anda cantumkan dalam pembuatan surat lamaran kerja.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Bukan hanya itu, Anda juga jangan lupa untuk menggunakan kalimat yang sopan, serta jangan pula Anda menggunakan kalimat yang memang memiliki kesan menyombongkan diri Anda.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Untuk saat ini, banyak diantaranya perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan menggunakan tangan, sebab hal itu akan sangat memudahkan bagi pihak perusahaan dalam menilai kepribadian seseorang yang mana dilihat dari hasil tulisan tangannya sendiri. Dan Anda harus mengupayakan agar surat lamaran yang Anda buat tidaklah kotor bahkan ada coretan dalam surat yang Anda buat.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Anda juga jangan lupa untuk melengkapi surat lamaran yang Anda buat dengan beberapa berkas atau beberapa pernyataan yang di butuhkan oleh pihak perusahaan, seperti foto copy KTP, Ijazah, dan lain sebagainya.
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika Anda memiliki sertifikat lain yang dapat mendukung karir Anda, maka hal tersebut bisa Anda lampirkan di dalam berkas lamaran kerja Anda guna menambahkan kriteria kemampuan yang Anda miliki, sehingga pihak dari HRD akan lebih mempertimbangkan Anda untuk mempekerjakan di perusahaan tersebut.
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan surat lamaran kerja, dan berikut ini contoh dari Surat Lamaran Kerja Umum yang mungkin bisa sedikit membantu Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar