Sebagai langkah
awal dari tahapan mencari pekerjaan di suatu perusahaan yang memang menyediakan
lowongan pekerjaan, biasanya kita memulai hal tersebut dengan membuat Surat
Lamaran Kerja Umum.Dimisalkan kita akan melamar pekerjaan di perusahaan yang
bergerak di bidang industri, Bank, CPNS, bahkan untuk menjadi seorang perawat
pun pastinya sangat memerlukan suatu CV atau surat lamaran kerja untuk melamar
pekerjaan ke suatu perusahaan. Memang benar, untuk membuat surat lamaran kerja
tidak sesulit yang kita bayangkan, namun untuk membuat surat tersebut akan
sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusun beberapa rangkaian
kalimat sehingga membentuk satu Surat Lamaran Kerja Umum yang baik
dan benar. Bukan hanya itu, surat lamaran kerja yang Anda buat juga harus
memiliki kesan baik terhadap diri Anda, agar hal tersebut dapat membuka peluang
Anda untuk diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda impikan.
Pastinya suatu
kesan pertama yang baik yang berada di dalam surat lamaran kerja akan sangat
menentukan langkah Anda selanjutnya dalam menempuh perjalanan karir Anda.
Mungkin Anda bisa membayangkan, jika surat lamaran kerja yang Anda buat
sangatlah buruk, bahkan kalimat yang digunakan sangatlah tidak rapi, sangat
bertele-tele dan juga sangat tidak menarik, dan saya kira pihak HRD dari
perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja yang Anda kirimkan tanpa
harus membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran kerja yang Anda kirimkan
tersebut. Dan berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam
pembuatan Surat Lamaran Kerja Umum agar surat
lamaran Anda bisa menarik perhatian pihak perusahaan.
1.
Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Dalam pembuatan
surat lamaran kerja yang baik dan benar, maka Anda harus menyusun beberapa
kalimat yang baik dalam surat lamaran yang Anda buat. Dan jangan pernah Anda
menggunakan bahasa-bahasa yang gaul atau tidak formal yang pastinya tidak
pantas untuk Anda cantumkan dalam pembuatan surat lamaran kerja.
2.
Tulislah dengan kalimat yang sopan
Bukan hanya itu,
Anda juga jangan lupa untuk menggunakan kalimat yang sopan, serta jangan pula
Anda menggunakan kalimat yang memang memiliki kesan menyombongkan diri Anda.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Untuk saat ini, banyak diantaranya perusahaan yang lebih
menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan menggunakan tangan, sebab hal
itu akan sangat memudahkan bagi pihak perusahaan dalam menilai kepribadian
seseorang yang mana dilihat dari hasil tulisan tangannya sendiri. Dan Anda
harus mengupayakan agar surat lamaran yang Anda buat tidaklah kotor bahkan ada
coretan dalam surat yang Anda buat.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Anda juga jangan lupa untuk melengkapi surat lamaran yang
Anda buat dengan beberapa berkas atau beberapa pernyataan yang di butuhkan oleh
pihak perusahaan, seperti foto copy KTP, Ijazah, dan lain sebagainya.
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika Anda memiliki sertifikat lain yang dapat mendukung karir
Anda, maka hal tersebut bisa Anda lampirkan di dalam berkas lamaran kerja Anda
guna menambahkan kriteria kemampuan yang Anda miliki, sehingga pihak dari HRD
akan lebih mempertimbangkan Anda untuk mempekerjakan di perusahaan tersebut.
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam
pembuatan surat lamaran kerja, dan berikut ini contoh dari Surat Lamaran Kerja
Umum yang mungkin bisa sedikit membantu Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar