Minggu, 08 Januari 2017

Laporan kewirausahaan Ikan mas koki

 Ikan Mas Koki (Carrasius Auratus)
Tugas Kewirausahaan
 Hasil gambar untuk ikan mas koki
Disusun oleh      :
Ratnasari Kumala Dewi   (27)
XI AP 3


PEMERINTAH KOTA SALATIGA
DINAS PENDIDIKAN DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 1 SALATIGA
TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Pengertian
Ikan Mas Koki dengan nama latin (carrasius auratus) adalah ikan hias air tawar yang hidup diperairan dangkal yang berudara sejuk dan airnya mengalir tenang. Dari sekian banyak ikan hias air tawar, maskoki adalah yang paling populer di kalangan para hobis ikan hias air tawar. Hal ini disebabkan karena bentuk tubuh, tingkah laku dan warnanya yang unik.
Sejarah
Menurut sejarah asal-usulnya, ikan hias Mas koki berasal dari Cina. Ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 960-1279. Ikan maskoki ini masih satu kerabat dengan ikan mas (ciprinus Carpio) yaitu dengan bentuk tubuhnya yang mirip dengan ikan mas. Pada masa Dinasti Ming (1368-1644) di Negara cina ikan mas koki ini memiliki kemajuan dan banyak di jual ke Negara lain seperti jepang. Perkembangan ikan koki di negera jepang sangat maju dengan cepat dibandingkan di negara asalnya. Dari negara jepang akhirnya maskoki menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia. Ikan hias maskoki termasuk ikan yang mudah menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Akhir-akhir ini ada sekitar 130 jenis ikan maskoki yang menyebar diseluruh dunia dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam. Ada yang warna kuning, merah, hitam, biru dan bentuk kepalanya seperti kepala singa, dan matanya seperti teleskop dan bola. 

Keistimewaan

       Ikan Koki juga populer dengan sebutan nama goldfis memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa yaitu dari bentuk strain unik yang berbeda dengan ikan mas lainnya sehingga menjadi bulan – bulanan para hobi aquarium. 
      Ikan Mas Koki memiliki kisaran harga yang cukup ekonomis dan menarik kalau kita jadikan peluang bisnis, harga bibit ikan mas koki di pasaran Rp.1.000-50.000’an tergantung keunikan strain yang di milikinya. Kisaran harga Koki untuk kontes Rp. 200.000-500.000. Meskipun harganya lumayan namun kualitasnya di jamin memuaskan.

Ciri - ciri unik ikan maskoki 

Ikan mas koki memiliki cirri-ciri sebagai berikut : 
·         Bentuk tubuh yang pendek dan bulat 
·         Mata melebar dan besar 
·         Sisi tubuhnya terdapat gurat sisi 
·         Memiliki banyak sirip, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip dubur dan sirip ekor 
·         Di bagian hidung terdapat tunas pembau 
·         Mempunyai lembaran insang yang berfungsi sebagai alat pernapasan 
·         Telinga tidak tampak dari luar 
·         Kelopak mata kecil serta tidak bisa membuka dan menutup 
·         Sisik berderet rapi, mengklap dan menutup seluruh tubuh


Jenis-Jenis Ikan Mas Koki

1.Bubble Eye/Suihogan Goldfish
Hasil gambar untuk bubble Eye/Suihogan Goldfish
Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Cina ini punya mata yang menunjuk ke atas dan 2 kantung besar berisi cairan,Ikan ini juga tidak punya sirip di punggungnya,ikan mas ini bisa tumbuh 6 -8 inchi.

2.Ranchu Goldfish
Hasil gambar untuk Ranchu Goldfish

Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut sebagai "raja ikan mas" oleh orang Jepang. Ranchu adalah hasil dari percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina.Ikan ini ga punya sirip atas,dan punya banyak warna seperti orange, red, white, red-and-white, blue, black, black-and-white, black-and-red,Ikan dengan badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka.

3.Butterfly tail/Jikin Goldfish
Hasil gambar untuk Butterfly tail/Jikin Goldfish
Indah dan menggemaskan tetapi langka, Jikin diyakini dari Jepang. Ciri yang paling menonjol adalah ekor yang memiliki bentuk X. Ekor kupu kupunya memiliki panjang khas, berbentuk cerutu atau torpedo. Tubuh yang putih dengan bibir, sirip dan insang merah.dapat tumbuh sampai 9 inci. Nama lainnya adalah ekor Merak dan Rokuri. Di AlFath Shop Prafi Sp4, ikan ini masih tersedia, walaupun dalam jumlah kecil..

4.Telescope Eye/Demekin Goldfish
Hasil gambar untuk Telescope Eye/Demekin Goldfish
Spesies ini punya mata yang esar dan unik,Variasi ini berwarna merah, merah-putih,belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-dan-biru dan warna hitam. Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik.Walau matanya besar,penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan jenis lain yang lincah dan ditempatkan di akurium tanpa benda lanci.

5. Oranda Goldfish
Hasil gambar untuk oranda goldfish
Oranda, ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya. Ikan mas koki ini sangat terkenal di seluruh dunia,dan punya badan besar dengan 4 ekor panjang.

6.Celestial Eye/Choten gan Goldfish
Hasil gambar untuk Celestial Eye/Choten gan Goldfish
Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Cina dan Korea. Mata ikan mas ini seperti mata ikan mas teleskop,tapi mengarah keatas Tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo,dan tak punya sirip atas.

7.Lionchu/Lionhead Goldfish
Hasil gambar untuk Lionchu/Lionhead Goldfish
Ikan mas koki Unik ini adalah ikan mas yang tidak memiliki sirip atas dari Thailand dan hasil dari perkimpoian silang antara lionheads dan ranchus. Memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung ke belakang dan kepala yang besar.

8.Ryukin Golfish
Hasil gambar untuk Ryukin Goldfish
Ikan mas koki berwarna cerah dan menarik dari Jepang ini punya sirip yang besarnya 2 kali panjang tubuhnya,moncongnya juga lancip dan punggungnya bungkuk. Ryukin punya warna seperti merah marun, merah-putih, putih, metalik dan warna belacu.di akuarium yang bagus perawatannya ikan ini dapat mencapai hingga 8 inci atau 21 cm. Nama julukan lainnya adalah Ribbontail Jepang,Fringetail,Fantail atau Veiltail

9.Calico/Nacreous Goldfish

Hasil gambar untuk Calico/Nacreous Goldfish
Ikan mas koki bernama Calico atau Nacreous ini punya percampuran sisik warna metalik dan transparan yang menimbulkan kesan mutiara. Calico bisa tumbuh sampai 12 inchi.Coraknya terdiri dari bercak-bercak merah, kuning, abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru.

10.PomPom/Hanafusa Goldfish

Hasil gambar untuk PomPom/Hanafusa Goldfish
Hanafusa punya daging yang tumbuh seperti pom pom di sekitar hidungnya,badannya seperti lionhead,tapi yang tumbuh adalah hidungnya,kadang malah ada daging yang tumbuh sampai melewati bawah rahangnya.

11.Chinsurin/Pearlscale Goldfish
Hasil gambar untuk Chinsurin/Pearlscale Goldfish

Ikan mas yang satu ini punysa sisik berbintik bintik dan berwarna mutiara, berasal dari Jepang dan dipanggil Chinsurin

12. Common goldfish
Hasil gambar untuk Common goldfish
Ikan mas biasa hanya berbeda dalam warna dari nenek moyang mereka, ikan mas Prusia. Ikan mas biasa datang dalam berbagai warna termasuk merah, oranye / emas, ikan mas putih, hitam dan kuning atau 'lemon'.

13. Black Moor
Hasil gambar untuk black moor
The Black moor adalah berbagai teleskop bermata ikan mas yang mewah yang memiliki karakteristik menonjol sepasang mata. Hal ini juga disebut sebagai Popeye, teleskop, kuro demekin di Jepang dan naga-mata di Cina.


Fakta Unik tentang Ikan Mas:

1.                  Percernaan ikan mas sangat sederhana,dan sangat susah mencerna protein 
2.                  Ikan mas koki bisa mengubah warna tubuhnya,sesuai dengan tempat dimana mereka disimpan atau dipelihara.
3.                  Ikan mas koki memproduksi pigmen jika terkena cahaya.Jika ikan Mas ditaruh di tempat gelap,dia akan telihat lebih cerah pada pagi harinya,dan jika terus menerus ditaruh di tempat gelap,maka ikan mas akan kehilangan warnanya.
4.                  Ikan mas koki bisa tumbuh maximal sampai panjang 58.42cm dan berat 4.5 kg 
5.                  Ikan mas koki terpanjang yang pernah diukur sepanjang 47.7 cm,dari moncong sampai ekor,di Belanda 
6.                  Ikan mas koki bisa hidup sampai 20 tahun,tapi ikan mas peliharaan cuma hidup 6 sampai 8 tahun
7.                  Ikan mas koki tertua yang pernah dicatat berumur 49 tahun 
8.                  Ikan mas koki bisa hidup di kolam yang permukaannya membeku,selama masih ada cukup oxygen dan airnya tak mengeras sepenuhnya 
9.                  Di Italy ada hukum yang melarang penggunaan ikan mas koki sebagai hadiah carnaval 
10.              Di Roma dilarang memelihara ikan mas koki di toples,karena menurut mereka sangat kejam mengurung ikan di tempat sempit seperti itu 


Budidaya ikan mas koki
1.       Menyediakan Akuarium
Dalam budidaya ikan mas koki ini dapat kita lakukan di dalam akuarium. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dan perlengkapan yang paling penting tentu saja akuarium itu sendiri. Sediakanlah akuarium yang berukuran 80 cm untuk panjangnya, 40 cm untuk lebarnya, dan 40 cm untuk tingginya. Akuarium yang perlu disediakan sebanyak empat akuarium.
2.     Mengisi Air ke Akuarium
Isi akuarium dengan air dengan ketinggian sekitar 20 cm. Namun sebelum di masukkan ke dalam akuarium, air sebaiknya diendapkan terlebih dahulu agar kadar ph air menurun. Kadar ph yang bagus untuk membudidayakan ikan koki sekitar 7,2 -7,4, sedangkan suhu air sekitar 24-26 derajat selsius, kandungan oksigen sekitar 2-5 ppm, kandungan co2 maksimal 10 ppm, dan nitrit maksimal 0,2. Khusus untuk oksigen dalam air ketersediaannya harus stabil. Untuk menyetabilkan oksigen air akuarium, kita bisa menggunakan aerator.
Setelah air dimasukkan ke dalam akuarium, selanjutnya kita dapat menambahkan tanaman eceng gondok di dalam akuarium guna menempelkan telur ikan dan dapat meningkatkan rangsangan pemijahan.
3.      Menyeleksi Ikan Koki
Untuk pemijahan ikan koki, kita perlu untuk menyeleksi indukannya dan indukan yang dipilih harus memiliki kondisi kesehatan yang baik, lincah, dan sudah masak telur. Untuk ciri-ciri ikan koki jantan yang sudah siap untuk dipijahkan antara lain adalah ikan akan mengeluarkan cairan berwarna putih susu jika perutnya di urut, terdapat benjolan kecil berwarna putih di bagian tutup insang atau terkadang di jari pertama sirip yang di dada, dan dubur berbentuk oval dan kecil.
Sedangkan, ciri-ciri ikan koki betina yang sudah siap untuk dipijahkan antara lain adalah ikan koki betina akan mengeluarkan cairan berwarna kuning jika perutnya diurut, perutnya agak buncit, dan ukuran dubur besar dan bulat.
4.     Sistem Pemijahan Ikan Koki
Untuk pemijahan ikan koki, perbandingan antara ikan jantan dengan ikan betina adalah 1 : 2 atau dapat dikatakan bahwa ikan koki betina jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan ikan koki jantan. Ketika kita melakukan pemijahan pada ikan koki, kita perlu bersabar untuk menunggu karena proses pemijahannya akan berlangsung cukup lama. Karena induk jantan dan betina akan saling berkejar-kejaran ketika kedua ikan koki tersebut akan melakukan perkawinan.

Daftar Pustaka


1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat menarik, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2D2nTUD

    BalasHapus